Tari Barong



Tari barong adalah salah satu tarian tradisional Bali yang sakral. Biasanya tarian tersebut dipentaskan di suatu tempat khusus, namun baru-baru ini tarian barong digelar di Pantai Kuta dan menarik perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara.

Beginilah antusias wisatawan termasuk turis mancanegara saat seni tradisional di pentaskan di Pantai Kuta Bali. Terlebih lagi yang dipentaskan adalah tari barong yang tergolong sakral.

Pentas seni ini dibuka dengan Tari Sekar Jagad atau tari penyambutan. Empat penari belia melenggak - lengok sambil membawa sesaji. Tarian pembuka ini langsung berlanjut ke tarian utama yakni Tari Barong.

Dalam tarian ini menceritakan pertempuran antara kebaikan yang disimbolkan oleh barong dan kejahatan mensimbolkan oleh rangda.

Dalam pertempuran ini, rangda dapat dikalahkan oleh para pengawal barong yang bersenjata keris.

Dengan keris ini pula penonton dibuat terkesimak. Para pengawal barong melakukan aksi menusuk badan sendiri yang disebut ngurek.

Aksi ngurek inilah puncak kesakralan tari barong. Konon, para penari sudah dirasuki kekuatan gaib sehingga tidak terluka saat keris ditanjapkan di badannya.

Sejumlah wisatawan mengaku senang dan terhibur dengan pentas tari barong ini. Di akhir pentas, para penari barong memberikan kesempatan kepada para penonton untuk berfoto bersama.

0 komentar:

Posting Komentar