kenapa milih jurusan Sosiologi?








Yooo apa kabar? kali ini temanya agak berbeda ya, dan ini adalah tahun pertama saya masuk kuliah! oh man udah kuliah lhoo... hahaha (biasa aja kali ya...)

Masuk dengan tes tertulis a.k.a SNMPTN istilahnya sekarang.. gatau deh tahun depan? berubah-ubah terus siih.. bingung gue. lu kira SNMPTN gampang? salah besar mas/mbak bro! persaingan ketat banget. beribu-ribu orang kepengen masuk jurusan dan di PTN ini, tapi yang di terima cuman sekitar 77 orang aja. Kalo di UNS ada 3 jalur masuk :
1) jalur Undangan
2) SNMPTN/tertulis
3) jalur Swadana.

Nah, bagi yang nilai-nilainya bagus diatas 80 lah dan minimal rata-rata 70 bisa tuh nyoba jalur Undangan. so, kalo udah keterima kalian gak usah belajar lagi, gak repot ikut bimbel dan gak perlu ikut ujian tertulis lagi :) lumayaaaan gak bebanin orang tua lebih bayak lagi hehe

tapi, gak perlu kecewa kalo nilai kamu kurang memenuhi atau gak keterima jalur undangan! masih ada jalur tertulis kok. dan yang pasti ini perlu usaha dari kamu lebih keras lagi. ngelebihin Ujian Nasional. nggak perlu takut... saran dari gue, ikut bimbel aja dan maaf saya gak dibayar untuk ini sih sebenernya! tapi emang kerasa kok perbedaannya, ikut bimbel atau nggak. kita bisa lebih tahu nantinya model soal-soal snmptn tuh kaya gimana... bangga dongg kalo setelah usaha yang kita lakukan selama ini, dan pada saat test kita bisa ngerjain semaksimal mungkin dan keterima di sebuah PTN! that's really need hard effort. gue lebih bangga dengan jalur ini. Karena bagi yang ikut jalur undangan.. (bukan bermaksud apa-apa) mereka kan gak ngerasain dan gak tau gimana ngerjain soal-soal snmptn itu. Justru disana kemampuan kita bener-bener di uji. MURNI dari kitanya. kan tau sendiri kalo nilai rapor itu bisa di "katrolin". Di dalam SNMPTN juga gak ada istilah "bejo" alias kamu hanya beruntung! no no no. really bad idea~ disini hanya ada "trik". bukan berarti siswa yang juara kelas itu bisa masuk PTN dengan jalur tulis lho guys, banyak kasus seperti itu.

Oke, kalo jalur swadana juga gak mudah..... setelah tes tertulis diatas, apabila gak masuk, bisa lewat jalur ini. ini tergantung kebijakan masing-masing PTN siih.. kalo di UNS setelah kita tes tulis gak masuk, nanti hasil tes itu akan tetap di rangking. Dari situ kalo rangkingnya gak memenuhi kriteria yasudah gak keterima program S1.. terus larinya test D3.. no problem gak ada yang slah kok dengan program D3 :) bedanya jalur swadana itu kita harus "pay more" dari jalur yang undangan atau tulis. ya jelas lebih mahal..

Well, why I choose sociology? dan saya idak menyangka, kuliah di jurusan Sosiologi, FISIP, UNS ini menyenangkannya gak karu-karuan. hehe sedikit lebay... tapi beneran.. kuliah itu jangan terlalu serius tapi fokus ;) gue banget ini mah... hihihi
Di semester 1 ini, saya dapet 22 sks. mata kuliahnya apa aja sih? terbesit pertanyaan seperti itu*
ini nih mata kuliahnya :
1. Pengantar Sosiologi
2. Pengantar Ilmu Politik
3. Pengantar Antropologi
4. Sistem Sosial Budaya Indonesia
5. Komposisi Bahasa Indonesia
6. Ilmu Alamiah Dasar
7. Komputer Dasar

asik-asik kan? nggak ada tuh yang namanya itung-itungan alias Matematika!! hehe (anak IPS banget yaa???) tapi nggak juga, temen saya juga ada kok yang dari IPA.. Sosiologi bukan berarti melulu sosiologi aja yang dipelajari. keliru! justru ilmu itu akan semakin meluas ke politik, budaya, hukum dsb. keren abis!! karena di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ini kita banyak diajarin tentang politik juga.. so, yang mau jadi Bupati, Walikota, Gubernur, Anggota DPR, MPR, bahkan Presiden pas banget kuliah di jurusan ini. Bangga banget gue kuliah di jurusan dan fakultas ini, karena di jurusan dan fakultas lain gak mungkin dapet ilmu tentang pemerintahan, politik, kebudayaan, kemasyarakatan. Kita nggak perlu ngapalin rumus-rumus! hihi hanya berpikir logis mengenai apa yang terjadi di masyarakat saat ini. Ilmu ini akan terus Update dengan sendirinya. :) terus karena kuliahnya yang have fun banget, temen-temen sosiologi 2011 juga sangat kreatif mereka membuat grup musik FISIP meraung. they're totally awesome! jadi gak hanya melulu belajar, buat tugas. Kita disini have fun dan melakukan kegiatan yang positif dan bermanfaat ;)

sekian. terima kasih

0 komentar:

Posting Komentar